Makassar Sukses Dalam Tahap Pertama Gerakan Smart City

By Admin

nusakini.com--Evaluasi gerakan menuju smart city yang dilaksanakan tanggal 25-26 Juli di kantor Balaikota semarang, dilaksanakan untuk mengetahui progress pembangunan kota pintar.

Kota Makassar salah satu kota dari 4 kota di indonesia yang saat ini terpilih melakukan sharing program program sukses melaksanakan quick win dalam menginisasi mewujudkan makassar sombere dan smart city. 

Evaluasi tahap pertama gerakan 100 smart city, dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana capaian penerapan program smart city di Kota Makassar oleh tim evaluator smart city Indonesia dari UI, ITB PERBANAS DAN UMN. 

Fokus evaluator adalah Program quickwin sebagai program aksi percepatan mewujudkan visi dan misi Makassar sombere dan smart city yang tersegmentasi atas 4 segemen yaitu pertama kelembagaan dan kebijakan, kedua berupa infrastrkutur dan penganggaran, ketiga menyangkut aplikasi dan keempat menyangkut literasi pelaksanaan smart city  

Enam program quickwin makassar sombere dan smart city yaitu home care untuk mendrive smart society, e-tax terintegrasi untuk mendrive smart ekonomi, passikola yang mendorong program smart multimodal untuk mendrive smart living dan getar 1000 longgar untuk mendrive smart environment. Ke enam program quickwin tersebut masing masing di sokong lebih 10 program inovasi yang menjadi sasaran kinerja layanan di berbagai SKPD Se Kota Makassar. 

Hasil evaluasi implementasi program quickwin dan program inovasi makassar sombere dan smart city mencapai lebih 80% dari semua program smart city sesuai roadmap makassar smart city, namun yang masih disadari perlunya pengembangan sasaran pembangunan infrastruktur teknologi informasi, inisiasi layanan pemerintahan yang berbasis online terintegrasi, pengukuran tingkat ekspektasi masyarakat dan dampak pembangunan makssar sombere dan smart city setelah MOU antara pemerintah kota makassar dengan kementerian kominfo tentang gerakan menuju smart city indonesia.(rilis/rajendra)